Studi Banding Majelis Permusyawaratan Mahasiswa 2015-2016 Ke-Malaysia

Selasa, 15 Maret 2016.  Majelis Permusyawaratan Mahasiswa (MPM) Perbanas Institute 2015/2016 yang terdiri dari 7 anggota, yaitu:

  1. Ketua : Rendi Rashaki Ramadhan
  2. Sekretaris : Diah Wardah Febrina
  3. Komisi 1 Legislatif                         : Ramadhan Audio Budhy
  4. Komisi 2 Aspirasi : Wina Listiani
  5. Komisi 3 Kontroling :Arif Budiman
  6. Komisi 4 Hubungan Luar Negeri : Muhammad Irsan Anugrah
  7. Komisi 4 Hubungan Dalam Negeri : Almas Nuransyah Purnama

Beserta 1 Kepala Bagian Kemahasiswaan, yaitu Bapak Flip Singadji dari Perbanas Institute akan memulai acara studi banding pertama di Universiti Kebangsaan Malaysia. Pukul 06.30 WIB kami bangun dan bersiap-siap untuk mandi dan sholat Shubuh, lalu pada pukul 07.15 AM kami berkumpul di salah satu kamar untuk mengadakan briefing dan berdo’a terlebih dahulu. Kami berangkat pada pukul 08.00 dengan menggunakan 2 mobil Grabcar dan Grabtaxi, karena lebih efisien dan efektif serta harganya lebih terjangkau. Perjalanan  30 menit dari hotel di Kajang menuju Universiti Kebangsaan Malaysia (UKM) di Bangi, kami sampai lebih cepat pada pukul 08.30. setelah tiba di Universiti Kebangsaan Malaysia kami disambut oleh Mr. Rawlins.

Kami sangat senang sekali karena mendapat sambutan yang sangat hangat dari Pihak Universiti Kebangsaan Malaysia. Acara baru bisa dimulai  pada pukul 09.45 AM, 15 menit terlambat dari jadwal yang dikarenakan adanya kesibukan lain dari pihak Universiti Kebangsaan Malaysia. Acara pertama adalah sambutan dari Rendi Rashaki Ramadhan selaku ketua MPM Perbanas Institute dan dilanjutkan dengan memperkenalkan presentasi tentang Perbanas Institute dan ORMAWA Perbanas Institute. Selanjutnya adalah sambutan dan presentasi dari pihak Universiti Kebangsaan Malaysia yang dibawakan oleh Ashraf sebagai Speaker MPP (Majlis Perwakilan Pelajar) Universiti Kebangsaan Malaysia. Terdapat 6 orang perwakilan dari MPP (Majilis Perwakilan Pelajar) Universiti Kebangsaan Malaysia yang hadiri dalam pertemuan studi banding, yaitu Zainal Asnawi Asyraf Bin Zainal Abidin (Speaker); Nurul Aziera Binti Mat Rodzi (Timbalan Setiausaha); Noor Emira Khairaney Binti Nor Asrad (KRA 6 : Prasarana dan Persekitaran Kondusif); Awangku Muhammad Faiz Bin Haisron (KRA 1 : Graduan Berkompeten dan Aspirasi Kebangsaan); Nurmaizatul Najwa Binti Noorulhuda (KRA 1 : Graduan Berkompeten dan Aspirasi Kebangsaan); dan Nur Syahidatul Akmal Binti Saharudin (KRA 3 : Perkongsian Pintar dan Keterlibatan Strategik).

Universiti Kebangsaan Malaysia menganut sistem parlemen dan UKM merupakan Universitas kedua yang menerapkan sistem parlemen setelah Universiti Sains Malaysia (USM). MPP (Majlis Perwakilan Pelajar) merupakan parlemen mahasiswa tertinggi di UKM yang membawahi semua organisasi yang terdiri dari 31 anggota MPP, yaitu:

Kabinet Majlis Perwakilan Pelajar UKM 2015/2016

  • Presiden             : Muhammad Farhan Bin Khairuddin
  • Timbalan             : Ikhwan A’zim Bin Ishak
  • Speaker             : Zainal Asnawi Asyraf Bin Zainal Abidin
  • Naib Presiden 1             : Muhammad Asyraf Bin Mohd Ibrahim
  • Naib Presiden 2             : Muhammad Shukri Bin Johari
  • Naib Presiden 3             : Lim Soon Pin
  • Naib Presiden 4                      : Azeemah Uthman Hewitt
  • Setiausaha Agung  : Mohd Fikri Bin Mohd Jumat
  • Timbalan Setiausaha             : Nurul Aziera Binti Mat Rodzi
  • Bendahara Agung : Anis Syazwani Binti Abd Mubin
  • Timbalan Bendahara : Nur Aliah Binti Azman
  • KRA (Keberhasilan Utama) 1 : Graduan Berkompeten dan Aspirasi Kebangsaan
  1. Awangku Muhammad Faiz Bin Haisron
  2. Khairil Rasyidi Bin Izazi
  3. Nurmaizatul Najwa Binti Noorluhuda
  • KRA (Keberhasilan Utama) 2 : Penyelidikan dan Inovasi
  1. Norazwani Binti Rohiman
  2. Nr Ain Saliha Binti Mohd Sapudin
  3. Hanis Nabihah Binti Saari
  • KRA (Keberhasilan Utama) 3 : Perkongsian Pintar dan keterlibatan Strategik
  1. Nur’in Balqish Binti Johar
  2. Nur Syahidatul Akmal Binti Saharudin
  3. Noor Syafieka Azwa Binti Aduka
  4. Raihan Nadhirah Binti Mohd Redzuan
  • KRA (Keberhasilan Utama) 4 : Sumber Manusia dan Institusi cemerlang
  1. Mohd Norazam Bin Bidin
  2. Muhammad Fuad Bin Razali
  3. Muhammad Hakimi Bin Harun
  4. Nor Athira Azyan Binti Arbain
  • KRA (Keberhasilan Utama) 5 : Penjanaan Kekayaan Secara Optimum
  1. Izzul Islam Bin Mohd Suhaimi
  2. Mohamad Salehuddin Bin Md Saad
  3. Mohammad Nasiruddin Mohd Tahir
  • KRA (Keberhasilan Utama) 6 : Prasarana dan Persekitaran Kondusif
  1. Mohd Amierul Sharafi Bin Shaharizan
  2. Noor Emira Khairaney Binti Nor Asrad
  3. Nurfatinah Ainaa Binti Amran

KRA 1 Graduan Berkompeten dan Aspirasi Kebangsaan dan KRA 6 Prasarana dan Persekitaran Kondusif  merupakan KRA yang paling banyak berinteraksi langsung dengan mahasiswa UKM, karena salah satu contohnya adalah berhubungan dengan fasilitas kampus seperti wifi yang sering bermasalah. Didalam organisasi UKM terdapat 2 entity, yaitu Aspirasi dan Gabungan Mahasiswa. Akan tetapi MPP sendiri tidak terikat dengan entity manapun. Untuk permasalahan dana, MPP mendapatkan dana dari Presiden Malaysia, Petabiran UKM, dan Iuran mahasiswa setiap tahunnya sebesar RM 5. UKM sendiri lebih fokus terhadap research dan penelitian-penelitian dibandingkan dengan kegiatan olahraganya, serta UKM Global merupakan unit yang banyak membuat program-program antar bangsa. Salah satu contoh event besar dalam program UKM Global adalah “Kesenian UKM World of Art Institute” dan program kedepannya UKM Global akan membuat acara tentang “Kebudayaan Se-ASEAN”.

Universiti Kebangsaan Malaysia memiliki fasilitas-fasilitas kampus yang sangat bagus, seperti kampus UKM yang berada di Bangi sangat luas; bersih dari sampah; tata letak bangunan kampus yang sangat rapih; banyaknya tempat untuk parkir mobil dan motor; banyaknya pepohonan; terdapat mesin minuman dan makanan; terdapat asrama untuk mahasiswa; terdapat hotel untuk para tamu; memiliki galeri disetiap kampus; cafeteria yang sangat bersih dan luas; ruang perpustakaan yang sangat nyaman dan luas; tidak adanya biaya parkir; memiliki pasar tersendiri yang menjual berbagai macam barang, mulai dari barang elektronik, cosmetic, baju, kerudung, tas, alat-alat tulis, dan lain-lain. UKM memperbolehkan orang luar untuk berdagang atau memiliki took kecil di dalam kampus, dengan syarat harga barang-barang yang dijual harus lebih murah dari harga pasaran; memiliki hutan pribadi yang terdapat hewan-hewan di dalamnya; dan banyaknya taman-taman sekitar kampus

Acara kedua adalah sesi tanya jawab dan sesi foto, dimana anggota MPM Perbanas beserta Anggota MPP Universiti Kebangsaan Malaysia melakukan sesi tanya jawab seputar presentasi slide yang telah dilakukan sesudah itu dilanjutkan dengan sesi foto. Lalu acara selanjutnya pada pukul 11.30 – 12.00 dilanjutkan dengan makan siang bersama. Dan acara terakhir adalah Touring Campuss pada pukul 12.00, MPM Perbanas Institute diajak mengitari kampus UKM bersama teman-teman MPP. Kami (MPM Perbanas Institute) mengunjungi ruang museum, ruang kelas, pasar kecil yang berada didalam UKM, ruang cafeteria, dan ruang student center.

Program kerja studi banding memiliki 4 tujuan utama :

  1. Establish Mutual Relationship, dengan adanya ptogram studi banding ini kami mendapatkan teman-teman baru yang berasal dari Negara yang berbeda,. Oleh karena itu tingkat keberhasilannya berkisar 100%.
  2. Open Our Students Insights About The Opportunities and Challages of ASEAN Economic Community, selama acara berlangsung kami tidak membahas tentang ASEAN Economic Community dan lebih focus pada pembahasan sekitar kampus dan organisasi kampus. Oleh karena itu tingkat keberhasilannya berkisar 0%
  3. Create Possible Cooperation Between Perbanas Institute Students, setelah acara tanya jawab kami mengajukan kerjasama antara Perbanas Institute dengan Universiti Kebangsaan Malaysia untuk tahun yang akan mendatang melalui perlombaan dalam bidang olahraga maupun dalam acara-acara internasional. Oleh karena itu tingkat keberhasilannya berkisar 50%
  4. Exchange Information of Students Organization, Especially Students Assembly. Dari awal mulainya acara hingga berakhirnya acara, kami sudah mulai dengan pertukaran informasi mengenai organisasi mahasiswa dari masing-masing kampus dan tentu saja informasi mengenai majelis mahasiswa dari setiap kampus. Oleh karena itu tingkat keberhasilannya berkisar 90%

foto-foto dokumentasi di Universitas Kebangsaan Malaysia:

sd6 Dokumentasi Majelis Permusyawaratan Mahasiswa IKPIA Perbanas Didepan Pintu Masuk UKM

sd14 Majelis Permusyawaratan Pelajar UKM Presentasi

sd10 Majelis Permusyawaratan Mahasiswa IKPIA Perbanas Presentasi

sd12 Sesi Tanyajawab Antara Majelis Permusyawaratan Mahasiswa IKPIA Perbanas Dan Majelis Permusyawaratan Pelajar UKM

sd7 Penyerahan Plakat Majelis Permusyawaratan Mahasiswa IKPIA Perbanas Kepada Majelis Permusyawaratan Pelajar UKM

 sd8 Penyerahan Plakat Majelis Permusyawaratan Pelajar UKM Kepada Majelis Permusyawaratan Mahasiswa IKPIA Perbanas

sd9 Penyerahan Sertifikat Dan Vandel Kepada Lembaga UKM (Berhubung Tidak Hadir Diwakilkan Oleh Majelis Permusyawaratan Pelajar UKM)

sd13 Museum UKM Saat Keliling Kampus UKM

sd11 Foto Bersama Majelis Permusyawaratan Mahasiswa IKPIA Perbanas, Perwakilan Lembaga IKPIA Perbanas Dan Majelis Permusyawaratan Pelajar UKM

 

Setelah selesai studi banding pertama di Universiti Kebangsaan Malaysia (UKM), pada hari Rabu, 16 Maret 2016. Majelis Permusyawaratan Mahasiswa (MPM) Perbanas Institute 2015/2016 yang terdiri dari 7 anggota, yaitu:

  1. Ketua : Rendi Rashaki Ramadhan
  2. Sekretaris : Diah Wardah Febrina
  3. Komisi 1 Legislatif : Ramadhan Audio Budhy
  4. Komisi 2 Aspirasi : Wina Listiani
  5. Komisi 3 Kontroling :Arif Budiman
  6. Komisi 4 Hubungan Luar Negeri : Muhammad Irsan Anugrah
  7. Komisi 4 Hubungan Dalam Negeri : Almas Nuransyah Purnama

Beserta 1 Kepala Bagian Kemahasiswaan, yaitu Bapak Flip Singadji dari Perbanas Institute akan melaksanakan acara studi banding kedua di Multimedia University (MMU). Pukul 06.30 WIB kami bangun dan bersiap-siap untuk mandi dan sholat Shubuh, lalu pada pukul 07.15 AM kami berkumpul di salah satu kamar untuk mengadakan briefing dan berdo’a terlebih dahulu. Kami berangkat pada pukul 07.30 dengan menggunakan 2 mobil Grabcar dan Grabtaxi, karena lebih efisien dan efektif serta harganya lebih terjangkau. Perjalanan  60 menit dari hotel di Kajang menuju Multimedia University (MMU) di Cyberjaya, kami sampai lebih cepat pada pukul 08.30. setelah tiba di Multimedia University (MMU). kami disambut oleh Presiden Majlis Perwakilan Pelajar (MPP) yaitu Muhammad Saif Bin Zainudin .

Kami sangat senang sekali karena mendapat sambutan yang sangat hangat dari Pihak Multimedia University. Acara baru bisa dimulai  pada pukul 09.45 AM, 75 menit terlambat dari jadwal yang dikarenakan adanya kesibukan lain dari pihak Multimedia University (MMU). Acara pertama diawali dengan Touring Campuss, MPM Perbanas Institute diajak mengitari kampus MMU bersama teman-teman MPP. Kami (MPM Perbanas Institute) mengunjungi ruang perpustakaan, taman-taman disekitar kmapus, ruang cafeteria, dan ruang student center. Lalu acara kedua adalah sambutan dari Rendi Rashaki Ramadhan selaku ketua MPM Perbanas Institute dan dilanjutkan dengan memperkenalkan presentasi tentang Perbanas Institute dan ORMAWA Perbanas Institute. Selanjutnya adalah sambutan dan presentasi dari pihak Multimedia University yang dibawakan oleh Muhammad Saif Bin Zainudin sebagai Presiden Majlis Perwakilan Pelajar di Multimedia University. Terdapat 6 orang perwakilan dari MPP (Majilis Perwakilan Pelajar) Multimedia University yang hadiri dalam pertemuan studi banding, yaitu Muhammad Saif (President); Selvarajan (Vice President 1); Alex (Vice President 2); Muntema (Secretary); Ruby (Student Engagement Unit); dan Haruna (Student Welfare Unit).

MMU merupakan kampus swasta yang memiliki 3 kampus yang berada di Cyberjaya (1999), Melaka (1996), dan Nusajaya/Johor (2014) dan MMU memiliki 5 fakultas computer, bisnis dan manajemen, teknik, seni, dan hukum. Dalam organisasi Multimedia University (MMU) menganut sistem parlemen. MPP (Majlis Perwakilan Pelajar) merupakan parlemen mahasiswa tertinggi di MMU yang membawahi 33 jenis kegiatan mahasiswa dan 29 jenis kegiatan olahraga dan MPP hanya mendukung segala kegiatan mahasiswa yang berada di kampus, karena setiap kegiatan mahasiswa di MMU bersifat Independence dan mempunya aturan masing-masing. MMU memiliki 34 anggota MPP yang terbagi antara kampus di Cyberjaya dan kampus di Melaka, terdiri dari :

  • 1 President
  • 1 Deputy President
  • 2 Vice President di Cyberjaya dan 2 Vice President di Melaka
  • 1 Secretary di Cyberjaya dan 1 Secretary General di Melaka
  • 1 Treasurer General di Cyberjaya dan 1 Treasurer di Melaka
  • 3 anggota Clubs and Society Management Unit (CSMU) di Cyberjaya dan 2 anggota Clubs and Society Management Unit (CSMU) di Melaka
  • 2 anggota Student Academic and Educational Unit (SAEU) di Cyberjaya dan 2 anggota Student Academic and Educational Unit (SAEU) di Melaka
  • 3 anggota Student Welfare Unit (SWU) di Cyberjaya dan 3 anggota Student Welfare Unit (SWU) di Melaka
  • 1 anggota Student Engagement Unit (SEU) di Cyberjaya dan 3 anggota Student Engagement Unit (SEU) di Melaka
  • 2 anggota Public Relation Unit (PRU) di Cyberjaya dan 3 anggota Public Relation Unit (PRU) di Melaka

Terdapat 33 jenis kegiatan mahasiswa dan 29 jenis kegiatan olahraga di MMU, yaitu :

  • Kegiatan Mahasiswa : Arabic Language Society; Care Club; Chinese Language Society; Christian Society; Creative Multimedia Club; Cyberjaya Accounting Club; Cybertron; Deejay Club; Emina; Engineering Society; Financial Engineering Society; Game Developers Club; Green Club; Indian Cultural Society club; Institusi Usrah club; International Student Society club; IT Society club; Japanese Cultural Society club; Korean Language Society club; Malaysian Red Crescent club; Faculty of Management Society (FOMS) club; MMU Buddhist Society club; MMU Rovers Club (New); dan MMU Showchoir Club (ShoCC).
  • Kegiatan Olahraga : Amateur Athletic Club; Aikido Club; Archery Club; Badminton Club; Basketball Club; Batting Club; Bowling Club; Chess Club; Fencing Club; Hockey Club; Hype (Fitness) Club; Karate-Do Club; Netball Club; Oars Club; Persatuan seni silat cekak pusaka ustaz hanafi; Persatuan seni silat gayung Malaysia; Rugby Club; Scuba Club; Seni Club; Sepak Takraw Club; Soccer Club; Squash Club; Swimming Club; Table Tennis Club; Taekwando Club; Wushu Club; Tennis Club; Water Sports Club; dan Volleyball Club.

Multimedia University memiliki fasilitas-fasilitas kampus yang sangat bagus, seperti kampus MMU yang berada di Cyberjaya sangat luas; bersih dari sampah; tata letak bangunan kampus yang sangat rapih; banyaknya tempat untuk parkir mobil dan motor; banyaknya pepohonan; terdapat mesin minuman; terdapat asrama untuk mahasiswa; cafeteria yang sangat bersih dan luas; ruang perpustakaan yang sangat nyaman dan luas; tidak adanya biaya parkir; memiliki galeri disetiap kampus; ruang pertemuan atau ruang auditorium yang sangat luas dan tertata dengan baik; dan banyaknya taman-taman sekitar kampus. Bahasa utama dalam lingkungan Multimedia University adalah Bahasa Inggris dan dicampur dengan Bahasa Melayu, karena banyak sekali mahasiswa dari Negara lain yang belajar di MMU. Untuk permasalahan dana, MPP mendapatkan dana dari lembaga, iuran dari setiap mahasiswa, dan sponsor. Salah satu program besar Multimedia University dalam program internasional adalah SCIP (Student Culture International Program) selama 3 hari.

Acara kedua adalah sesi tanya jawab disertai berdiskusi tentang ASEAN Economic Community dan sesi foto, dimana anggota MPM Perbanas beserta Anggota MPP Multimedia University melakukan sesi tanya jawab seputar presentasi slide yang telah dilakukan disertai dengan diskusi tentang bagaimana cara menghadapi dan mengambil kesempatan dalam ASEAN Economic Community, sesudah itu dilanjutkan dengan sesi foto. Lalu acara terakhir pada pukul 12.30 – 13.00 dilanjutkan dengan makan siang bersama.

Program kerja studi banding memiliki 4 tujuan utama :

  1. Establish Mutual Relationship, dengan adanya ptogram studi banding ini kami mendapatkan teman-teman baru yang berasal dari Negara yang berbeda,. Oleh karena itu tingkat keberhasilannya berkisar 100%.
  2. Open Our Students Insights About The Opportunities and Challages of ASEAN Economic Community, kami berdiskusi tentang bagaimana peluang dan tantangan yang dihadapi dalam ASEAN Economic Community. Oleh karena itu tingkat keberhasilannya berkisar 80%
  3. Create Possible Cooperation Between Perbanas Institute Students, setelah acara tanya jawab kami mengajukan kerjasama antara Perbanas Institute dengan Multimedia University untuk tahun yang akan mendatang melalui perlombaan dalam bidang olahraga maupun dalam acara-acara internasional. Oleh karena itu tingkat keberhasilannya berkisar 50%
  4. Exchange Information of Students Organization, Especially Students Assembly. Dari awal mulainya acara hingga berakhirnya acara, kami sudah mulai dengan pertukaran informasi mengenai organisasi mahasiswa dari masing-masing kampus dan tentu saja informasi mengenai majelis mahasiswa dari setiap kampus. Oleh karena itu tingkat keberhasilannya berkisar 90%

foto-foto dokumentasi di Universitas Kebangsaan Malaysia:

sd1 Suasana Presentasi Antara Majelis Permusyawaratan Mahasiswa IKPIA Perbanas Dan Majlis Perwakilan Pelajar MMU

sd4 Suasa Bersama Perwakilan Lembaga MMU

sd2 Penyerahan Plakat Dari Perwakilan Lembaga IKPIA Perbanas Kepada Perwakilan Lembaga MMU

sd3 Penyerahan Sertifikan Dan Vandel Dari Majelis Permusyawaratan Mahasiswa IKPIA Perbanas Kepada Majlis Perwakilan Pelajar MMU

 

touring campus Perpustakaan MMU Saat Keliling Kampus MMU

 

sd5 Sesi Foto Bersama IKPIA Perbanas dan MMU

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

2 Comments on Studi Banding Majelis Permusyawaratan Mahasiswa 2015-2016 Ke-Malaysia

  1. Alhamdulillah..terima kasih buat U. Perbanas atas kunjungan ke UKM..Semoga Kita berjumpa lagi..adaa waktu Kita jumpa di Perbanas pulaa..💕 ^^

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*